Museum Wayang Kekayon

Museum Wayang Kekayon ialah museum yang didalamnya ada banyak wayang. Museum ini berada di kota Jogjakarta persisnya di Jl wonosari km 7. Museum ini berdiri pada tahun 1990 yang memiliki banyak koleksi wayang dan topeng serta tunjukkan kisah wayang dari masa ke 6 sampai masa ke 20. Koleksi wayang yang ada di museum ini yaitu ada wayang yang terbuat dari kulit, kayu, kain, atau kertas.

http://submitfree.esy.es/wisata/upside-down-world-jogja/

Di Museum Wayang Kekayon ini memiliki beberapa jenis koleksi wayang yaitu: wayang Purwa, wayang Madya yang menceritakan peristiwa perang Baratayuda), wayang Thengul, wayang Klithik yang menceritakan tentang Damarwulan dan Minakjinggo), wayang Tutur, wayang, Gedhog yang menceritakan cerita Dewi Candra kirana, wayang Suluh menceritakan kisah perjuangan kemerdekaan indonesia, dan terdapat beberapa koleksi lainnya. Museum ini memiliki beberapa poster yang mendeskripsikan strategi perang yang dipakai waktu perang Baratayuda antara Pandawa dan Kurawa yaitu satrategi Sapit Urang dan strategi Gajah.

Batu Alien Cangkringan

 

Museum Kekayon ini ada satu lingkungan dengan lingkungan yang disebutkan sarana belajar untuk dalami bagaimana suka pada lingkungan dan kebudayaan bangsa. Lingkungan ini berada di muka Museum Kekayon dengan angka untuk signal Kekayon (7), Siaga (8), Angsti (9), dan Wiyata (1). Angka tahun itu ialah tahun selesainya pembangunan Museum Kekayon. Waktu anda masuk ke museum ini, anda akan lihat kicauan burung dan udara yang sejuk. Ada 9 unit yang ada di Museum Kekayon ini.

Bukit Jangkang Yogyakarta

 

Pada unit pertama dan ke-2 ada koleksi Wayang Purwa Model Yogyakarta. Waktu Kerajaan Mataran terdiri jadi Kerajaan Surakarta dan Yogyakarta menyebabkan perbedaan model perwayangan antara keduanya. Koleksi wayang purwa di unit ini sudah lengkap mulai dari wayang tua sampai ke design sederhana. Ada juga manekin wayang di unit ini. Manekin itu adalah Raden Gatotkaca yang tersimpan di kotak besar.

Artikel Terkait:  Tips Mengemudi Mobil
Tasya Blog © 2018 Frontier Theme